Rabu, 26 November 2014

Perkembangan Microsoft Word dari Microsoft Corporation dan Tampilannya.


Add caption
Microsoft Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional amerika serikat yang berpusat kantornya di redmod, Washington, amerika serikat. Perusahaan didirikan pada tanggal 14 april 1975 oleh dua orang yaitu bill gates dan paul allen. Sebelumnya perusahaan mereka bernama micro-soft dan memiliki kantor pertama di Albuquerque. Setahun kemudian menghapus tanda penghubung  dan menjadi Microsoft. Microsoft adalah perusahaan besar yang memiliki nilai paling tinggi didunia.

Perangkat lunak dari Microsoft corporation adalah Microsoft office. Microsoft office sendiri memiliki banyak program salah satunya adalah program pengolah kata  yaitu Microsoft word. Program ini sangat popular. dan banyak digunakan dalam kegiatan tulis menulis, contohnya pembuatan surat, artikel, proposal, makalah dan lain sebagainya dengan berbagai macam bentuk huruf dan layout yang disediakan pada program maupun ditambahkan dengan sendirinya dan dapat juga membuat naskah ilmiah dengan menggunakan rumus-rumus yang memiliki simbolnya tersendiri pada matematika, fisika maupun kimia.

Microsoft word bukan satu-satunya program pengolah kata yang ada di dunia pasaran, ada juga jenis lain pengolah kata yang popular didunia diantaranya adalah Wordstar, WordPerfect,  Amipro, Wordpad, dan lain-lain sebagainya. Microsoft word sangat popular dikarenakan memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dan memiliki fitur-fitur yang lengkap gampang untuk dipahami.

Program pengolah kata Microsoft word telah mengeluarkan versi-versinya yaitu versi  1.0, 2.0, sampai dengan versi 6.0 yang digunakan untuk versi dos. Kemudian, Microsoft corporation berkembang dengan sangat pesat dan mengeluarkan Microsoft word dengan berbagai versi baru dengan fitur yang semakin menarik dan bagus yaitu versi Microsoft word 95 yang muncul sesuai dengan tahun pada saat itu yaitu 1995, lalu muncul Microsoft word 97 yang muncul pada tahun 1997, lalu ada versi tebaru lagi yaitu Microsoft word 2000 yang dirilis pada tahun 1999, kemudian Microsoft word 2002 yang muncul pada tahun 2001, kemudian Microsoft 2003, 2007, dan 2010 yang muncul pada tahun sesuai dengan nama yang diberikan pada microsoftnya  dan yang sekarang muncul dan sudah mulai banyak orang gunakan dalah Microsoft word 2013 dengan tampilan yang semakin menarik dan fiturnya semakin lengkap.

Banyak ide muncul dan konsep word dari bravo, pengolah kata grafik yang pertama, yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center atau yang biasa disingkat dengan PARC. Bravo sendiri diciptakan oleh Charles simonyi yang awalnya berada di Xerox parc kemudian pindah untuk bergabung ke Microsoft pada 1981. Charles simonyi juga menggaet Richard Brodie dari Xerox PARC. Pada 1 februari 1983, dimulai pengembangan multi-tool word.

Pemberian nama pun muncul yaitu Microsoft word, Microsoft menerbitkan program ini pada tanggal 25 oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia sebelumnya sudah sangat dikuasai oleh program pengolah kata wordperfect dan juga wordstar.

Word mempunyai konsep What You See Is What You Get atau biasa disingkat dengan WYSIWYG. Word ini sendiri adalah program pengolah kata yang bisa mencetak huruf tebal dan miring yang pertama dan juga word banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak wajar sehingga mereka menawarkan paket word with mouse. program pengolah kata lain berbasis dos seperti wordstar dan wordperfect menampilkan hanya dapat teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan yang mencetak tebal, miring dan lain sebagainya.

Tampilan perkembangan dari microsoft word 1.0 hingga 2013
Gambar 1. Tampilan Microsoft Word Versi 1.0

Gambar 2. Tampilan Microsoft Word Versi 2.0

Gambar 3. Tampilan Microsoft Word Versi 6.0

Gambar 4. Tampilan Microsoft Word 95

Gambar 5. Tampilan Microsoft Word 97

Gambar 6. Tampilan Microsoft Word 2000

Gambar 7. Tampilan Microsoft Word 2002

Gambar 8. Tampilan Microsoft Word 2003

Gambar 9. Tampilan Microsoft Word 2007

Gambar 10. Tampilan Microsoft Word 2010

Gambar 11. Tampilan Microsoft Word 2013


0 komentar :

Posting Komentar