Minggu, 21 Desember 2014

Etika atau Batasan Berkomunikasi Di Dunia Maya

Dalam menjelajah dunia maya, kita mendapat banyak informasi dan hal-hal yang kita butuhkan. Oleh karena itu internet sangat banyak diakses banyak orang untuk mencari informasi. Sehingga itu didalam dunia maya dalam berjelajah harus mematuhi dan mengikuti etika dan batasan yang berlaku, karena bukan hanya kita saja yang menggunakan media internet ini, tetapi sangat banyak orang dengan berbeda latar belakang menggunakan media internet.

Berikut beberapa paparan mengenai etika dalam berkomunikasi di dunia maya :

Dalam literatur komunikasi kita mengenal etika komunikasi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan etika sebagai “ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak)”. Etika sering disebut juga dengan “etiket” yaitu ”tata cara (adat sopan santun, dsb) dalam masyarakat beradab dl memelihara hubungan baik antara sesama manusianya” (KBBI). Kami lebih memilih kata “etika” ketimbang “etiket” karena etiket bisa dimaknai sebagai “e-ticketting” (electronic ticket) atau “karcis online”.

Dalam bahasa “sederhana” kita bisa memaknai etika komunikasi dengan “sopan santun atau tatakrama dalam berkomunikasi” atau “cara berkomunikasi yang baik”. Etika komunikasi di internet (netiquette, netiket kependekan dari “network etiquette” atau “Internet etiquette”) dapat dimaknai sebagai “sopan santun dalam berkomunikasi di internet, seperti dalam melakukan chating, kirim pesan email, menulis status facebook, berkicau di twitter, menulis di blog atau website, dan berkomentar di media online (situs berita)”. Niket dapat pula dipahami sebagai “adab atau etika pergaulan di dunia maya”. Etika komunikasi menggunakan internet sebenarnya sama dengan etika berkomunikasi di dalam dunia nyata, kehidupan sehari-hari, seperti jujur, menggunakan kata-kata yang baik (sopan), ramah, berbicara jelas, mudah dimengerti, jangan menyakiti, jangan menyinggung perasaan, berbicara efektif, jangan sungkan minta maaf jika keliru, dan sebagainya.

Dalam menggunakan internet ada beberapa etika atau batasan yang harus diikuti atau dipatuhi. Berikut ini beberapa etika komunikasi di internet tersebut :

    Jangan mengirim email atau memposting dengan menggunakan kalimat kasar karena hal tersebut dalam membuat orang tersinggung dan menyakiti hati orang lain.
    Dalam berkomunikasi didunia maya kita harus menghargai pendapat orang lain seperti layaknya didunia nyata kita berkomunikasi.
    Di dalam sebuah situs atau forum biasanya memiliki beberapa aturan yang harus ditaati maka, alangkah lebih baiknya kita mentaati peraturan situs atau forum tersebut.
    Apabila ingin memposting disebuah grub diskusi maka kita harus memposting sesuai dengantopik diskusi tersebut.
    Pastikan apa yang diposting sudah dipahami dan masuk akal.
    Jangan sungkan untuk memberikan pengetahuan maupun wawasan yang diketahui.
    Jangan posting apapun dalam keadaan marah.
    Hargai privasi orang. Jangan mencoba untuk membaca email ataupun pesan pribadi orang lain.
     Jangan menyalahgunakan sesuatu yang merugikan orang lain dengan kekuasaan yang dimiliki.
     Jika ada kesalahan yang diperbuat orang lain alangkah lebih baik memaafkannya saja

Apa yang dilakukan dalam dunia maya sebenarnya mencerminkan karakter di dunia nyata secara tidak langsung. Jadi dengan itu gunakanlah dengan sebaik-baik etika yang sudah dimiliki sehingga apabila orang bertemu, sudah seperti cerminan etika di dunia nyata.

Etika atau batasan yang harus kita ketahui dalam dunia maya yang harus dihindari :

1. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa ditafsirkan dengan suasana hati si penulis. Huruf Kapital itu menggambarkan suasana hati penulis seperti emosi, marah atau berteriak Tentu saja hal tersebut sangat tidak mengenakkan dan menyenangkan seeperti halnya kita dihadapkan dengan lawan bicara yang mana orang tersebut sedang penuh emosi .Walau begitu,dilain pihak ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan dari suatu maksud. Tapi yang harus dicatat dan harus diingat adalah gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja seperti satu sampai dua kata saja jangan sampai satu paragraf atau kalimat.

2. Kutip Seperlunya
Ketika kita ingin memberi tanggapan terhadap  suatu postingan seseorang dalam suatu forum diskusi atau blog dan sebagainya. Alangkah lebih baiknya kita hanya mengutip bagian terpentingnya saja yang merupakan bagian inti yang ingin kita tanggapi dan buang saja bagian yang tidak perlu dan tidak terlalu penting. Jangan mengutip seluruh isinya karena akan memberatkan bandwith server itu sendiri yang berakibat akses ke forum itu menjadi lama dan terganggu.

3.  Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi
Jika ada seseorang yang mengirim pesan secara pribadi/private message yang berisikan gagasan ataupun informasi kepada anda. Jangan pernah memberikan tanggapan/jawaban serta mengungkitnya dalam forum umum. karena hal yang demikian itu bersifat privacy dan takutnya menyinggung perasaan pengirim sendiri.

4.  Hati-hati terhadap berita hoax
Tidak 100%  berita/informasi yang ada di internet itu adalah benar adanya atau sesuai dengan fakta yang ada. Seperti halnya spam, hoax itu juga merupakan musuh bebuyutan dan musuh besar bagi pengguna internet kebanyakan. Maka dari itu sebaiknya anda sebelum mengirim sesuatu atau  memforward harus terlebih dahulu memastikan informasi yang ada benar adanya dan sesuai fakta. Jika hal itu tidak dilakukan maka dapat dipastikan orang-orang yang berada disekitaran  anda tidak mempercayai lagi dan anda di anggap sebagai penyebar kebohongan .

5.  Ketika harus keluar dari topik bahasan(Out of Topic)
Ketika anda keluar dari topik bahasan yang dibahas di suatu forum maka maka alangkah lebih baik memberikan keterangan sehingga subjek dari diskusi itu sendiri tidak menjadi rancu.

6.  Hindari Personal Attack
Ketika melakukan debat dalam suatu forum jangan sekali-kali kita menggunakan informasi pribadi lawan diskusi sebagai kelemahannya karena hal itu sama saja menjukkan dangkalnya pengetahuan kita. Budayakanlah sifat diskusi yang sehat serta tidak terbawa emosi.

7.  Kritik dan saran bersifat pribadi
Ketika ingin memberikan sebuah kritik dan saran yang sifatnya pribadi,maka akan lebih baik jika dilakukan lewat pesan pribadi dan jangan sekali-kali memberikan kritik di depan forum umum tersebut. Kecuali kritik dan sarannya bersifat secara umum kepada anggota forum atau moderator seperti perbaikan sistem forum.

8.  Dilarang menghina
Sebaiknya kita tidak meghina maupun menyinggung seseorang dalam bentuk agama, ras, gender, status sosial dan lainya yang sifatnya mengarah kesituasi yang kontoversial san emosional.

9.  Tata Cara Bertanya
Tata cara dalam bertanya dalam forum adalah sebaiknya menggunaka bahasa yang sopan, jangan beranggapan bahwa anda mendapat jawaban, memberikan judul yang sesuai deskriptif, menulis pertanyaan yang baik dan benar serta mudah dimengeti dan jangan lupa membuat kesimpulan setelah permasalahan terjawab

0 komentar :

Posting Komentar