Rabu, 26 November 2014

Sejarah Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lambung Mangkurat dibuka dengan dasar pemikiran bahwa Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebagai induk dari ilmu pengetahuan dipandang perlu dalam suatu Perguruan Tinggi.
Pembukaan FMIPA bermula dari keinginan dan obsesi Rektor Unlam saat itu, Prof. H. Alfian Noor bahwa FMIPA harus dibuka dalam kurun waktu kepemimpinan beliau. Dan sebagai awal sebelum Fakultas dibentuk, maka dibuka terlebih dahulu Program Studi yang akan menjadi bagian dari FMIPA. Maka, pada tahun 1999, Rektor mengeluarkan surat penugasan No:935/J08/PP/1999 tanggal 10 Mei 1999 untuk merevisi proposal pendirian Program Studi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi Jurusan tersebut di FMIPA Universitas Lambung Mangkurat pada mulanya diketuai Prof.DR.Ir.Hj. Hakimah Halim, M.S.
Pada tanggal 9 Juni 1999, Rektor mengeluarkan Surat Keputusan No: 255/J08/OT/1999 untuk membentuk Unit Pelayanan MIPA Universitas Lambung Mangkurat yang dipimpin oleh Ir.H.Rachmadi HT.
Sebagai tindak lanjut Unit Pelayanan MIPA, pada tanggal 20 Oktober 1999 dengan surat no:2180/J08/PP/1999, Rektor mengirimkan proposal usulan pembukaan Program Studi yang telah direvisi serta usulan pembukaan FMIPA Universitas Lambung Mangkurat ke Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI dan tembusan surat tersebut disampaikan ke konsorsium Ilmu-ilmu MIPA. Dengan usulan tersebut, maka pada tanggal 18 - 21 Januari 2000, telah datang tim kunjungan Komisi Disiplin Ilmu Matematika dan Sains Dewan Pendidikan Tinggi ke Universitas Lambung Mangkurat untuk melakukan proses penilaian.
Proses yang begitu panjang mulai membuahkan hasil, dengan dikeluarkannya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI pada tanggal 25 Agustus 2000 tentang pembentukan Program Studi S1 Biologi No. 300/DIKTI/KEP/2000, Program Studi S1 Kimia No. 301/DIKTI/KEP/2000, Program Studi S1 Matematika No. 302/DIKTI/KEP/2000, sedangkan Program Studi Diploma III Fisika dibentuk oleh Surat Keputusan Rektor Unlam No. 427/J08/PP/2000 tanggal 28 Agustus 2000.
Dengan telah keluarnya surat keputusan pembukaan Program Studi seperti tersebut di atas, maka tahun ajaran 2000/2001 keempat Program Studi sudah mulai melakukan proses belajar mengajar dibawah koordinasi pengelolaan Dekan Fakultas Teknik Unlam dan berkampus di Komplek Unlam Banjarbaru. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 147/O/2001 pada tanggal 11 September 2001 FMIPA resmi didirikan sebagai Fakultas ke-10 (sepuluh) di Universitas Lambung Mangkurat.
Keberadaan FMIPA Universitas Lambung Mangkurat semakin lengkap dengan keluarnya Surat Ijin penyelenggaraan dari Dikti tanggal 12 November 2004 tentang pendirian Studi S1 Fisika melalui dana bersaing TPSDP dan Program Studi S1 Farmasi dengan surat izin penyelenggaraan dari DIKTI tanggal 7 Desember 2005.

Pimpinan Fakultas
Pada periode ini Dekan dijabat oleh Drs. Heri Budi Santoso, M.Si yang dibantu oleh : Sri Cahyo Wahyono, S.Si., M.Si.(Pembantu Dekan I) Azidi Irwan, S.Si., M.Si. (Pembantu Dekan II) Noer Komari, S.Si., M.Kes. (Pembantu Dekan III)

Jenjang Studi
Jenjang Studi yang terdapat dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lambung Mangkurat adalah Program Pendidikan Jenjang S1 Reguler A dan Reguler B (Kelas Ekstensi). Selain itu juga menyelenggarakan Program Pendidikan Jenjang S2.

Program Studi
ü  Program Studi Ilmu Komputer
ü  Program Studi Biologi
ü  Program Studi Kimia
ü  Program Studi Matematika
ü  Program Studi Fisika
ü  Program Studi Farmasi
ü  D3 Analis Farmasi & Makanan
ü  D3 Laboratorium Sains Dan Industri

Organisasi Mahasiswa
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA KELUARGA MAHASISWA (BEM KM ) FMIPA UNLAM HIMPUNAN MAHSISWA JURUSAN FAKULTAS MIPA (HIMA/HMJ)
Himakom (Prodi Ilmu Komputer)
Himatika Real (Prodi Matematika)
Himabio Apidae (Prodi Biologi)
Himamia Redoks  (Prodi Ilmu Komputer)
Himafi (Prodi Fisika)
Himafarma Avicenna (Prodi Farmasi)
Himaanfarma Paracelsus (Prodi D3 Analis Farmasi dan Makanan)

UNIT KEGIATAN MAHASISWA FAKULTAS MIPA UNLAM (UKMF)
ü  Forum Studi Islam (FSI) Ulul albab
ü  Mipa Sport Corner (MSC)
ü  Unit Kegiatan Koperasi (UPK)
ü  Sains Goes To Opera (SGO)
ü  Teknologi Tepat Guna (TTG)

Fasilitas
ü  Sublaboratorium Kimia
ü  Laboratorium Kimia Analitik
ü  Laboratorium Kimia Organik dan Biokimia
ü  Laboratorium Kimia Dasar dan Kimia Fisik
ü  Laboratorium Instrumentasi
ü  Sublaboratorium Biologi
ü  Laboratorium Ekologi
ü  Laboratorium Mikrobiologi
ü  Laboratorium Fisiologi dan Anatomi
ü  Laboratorium Biologi Umum
ü  Sublaboratorium Fisika
ü  Laboratorium Fisika Dasar
ü  Laboratorium Fisika Komputasi
ü  Laboratorium Instrumentasi
ü  Laboratorium Geofisika
ü  Laboratorium Material
ü  Sublaboratorium Ilmu Komputer
ü  Laboratorium Komputasi dan Jaringan.
ü  Sublaboratorium Farmasi
ü  Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi
ü  Laboratorium Farmakognosi dan Fitokimia
ü  Laboratorium Teknologi Farmasi
ü  Laboratorium Kimia Farmasi
ü  Laboratorium Produksi
ü  Sublaboratorium Matematika
ü  Laboratorium Komputasi
ü  Sublaboratorium Rumah Kaca
ü  Sublaboratorium Bengkel
ü  Sublaboratorium Rumah Hewan Coba
ü  Sublaboratorium Kebuh Botani
ü  Ruang Baca

0 komentar :

Posting Komentar