Rabu, 30 November 2016

GIS dengan jQuery


Geographic Information System (GIS) atau dalam bahasa indonesia adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan sistem informasi khusus dalam mengelola suatu data yang mempunyai informasi spasial (bereferensi keruangan). Dengan perpaduan Google Map dan Ajax jQuery akan menghasilkan GIS sederhana yang akan memberikan informasi tentang letak lokasi-lokasi yang ditandai, nama, serta diskripsi untuk tempat-tempat tertentu untuk menjadi tujuan` rekreasi, ibadah dan lain sebagainya yang disimpan dalam database. jQuery pada website GIS berfungsi untuk menyimpan dan menampilkan lokasi-lokasi yang telah disimpan setelah memberikan nama dan deskripsi pada lokasi yang ditandai.
Pada artikel ini akan memberikan pengetahuan bahwa GIS sederhana dapat dibuat dengan Google Map dan Ajax Jquery, dengan cara sebagai berikut :
1.    Membuat sebuah database dengan menggunakan My SQL
Buat database dengan nama “test” dengan nama tabel “datagis” dan membuat kolom yaitu `nomor` int(5) NOT NULL auto_increment,  `x` decimal(8,5) NOT NULL,  `y` decimal(8,5) NOT NULL,  `namalokasi` varchar(100) NOT NULL,  `deskripsi` text NOT NULL,  PRIMARY KEY  (`nomor`).
2.    Meloading Google Maps API
Pada website GIS nantinya akan menggunakan dan menampilkan google map sebagai media yang dapat digunakan untuk membuat suatu lokasi ditandai dengan memanfaatkan javascript API google Map.
<link href="http://code.google.com/apis/maps/documentation/javascript/examples/standard.css" rel="stylesheet" type="text/css" />
<script type="text/javascript" src="http://maps.google.com/maps/api/js?sensor=false"></script>
3.    Elemen DOM Peta untuk tampilan google map pada website
Google MAP yang ingin kita masukkan pada website nantinya perlu kita atur penempatannya, sehingga perlu membuat elemen DOM yaitu <div> :
<div id="petaku" style="width:700px; height:400px"></div>
4.    Map Option (Titik awal Peta Muncul)
Pada bagian ini kita dapat mengatur lokasi pertama kali muncul atau titik awal peta dimunculkan.
var kalsel = new google.maps.LatLng(-2.801732, 107.6699666);
var petaoption = {
zoom: 9,
center: kalsel,
mapTypeId: google.maps.MapTypeId.TERRAIN
};
Variabel kalsel menentukan titik awal lokasi yang menjadi tampilan pertama kalinya pada google map dalam betuk lalitudes dan longitudes.
Zoom yang terdapat pada coding berfungsi untuk seberapa besar tampilan, makin besar nilainya makin zoom atau besar petanya.
Center berfungsi menentukan lokasi yang menjadi titiktengah peta dan tampilan akan menyesuaikan dengan lokasi ditengah.
MapTypeld menentukan tipe yang dapat ditampilkan pada website yaitu pilihannya Peta dan Satelite.
5.    Membuat dan Menampilkan Objek Peta
Konfigurasi map yang sebelumnya suda dibuat, selanjutnya kita buat objek map dan menampilkannya pada elemen DOM yang sudah dibuat sebelumnya.
peta = new google.maps.Map(document.getElementById("petaku"), petaoption);
Coding diatas membuat objek google map dan menempatkannya pada elemen DOM yang mempunyai id “petaku” serta menggunakan pertaoption yang telah kita tentukan sebelumnya.
6.    Membaca Event Klik
Event klik disini memiliki fungsi agar kita dapat menentukan lokasi yang kita tenukan diberikan nama dan deskripsi apa. Event klik kita buat dalam sebuah fungsi.
google.maps.event.addListener(peta,'click',function(event){
kasihtanda(event.latLng);
});
7.    Memberi tanda di google MAP
Coding yang sudah dibuat membaca event klik daitas dapat kita jalankan fungsi kasihtanda() untuk membuat di google map.
function kasihtanda(lokasi){
tanda = new google.maps.Marker({
position: lokasi,
map: peta
});
}
Coding diatas untuk membuat objek ditandai (marker), lokasi itu dimana, lokasi berbentuk koordinat yang didapat ketika map diklik yaitu event lat.Lng, dan ditaruh pada map yang mana.

Berikut tampilan website seperti yang sudah dijelaskan diatas :
Gambar 1. Tampilan awal web saat dijalankan, dengan lokasi awal yaitu  kalimantan selatan
Gambar 2. Tampilan menentukan lokasi dan memberikan nama dan deskripsi untuk lokasi tersebut.

Gambar 3. Tampilan saat memilih pada daftar lokasi yang tersimpan yaitu memilih Tanah Grogot yang terdapat di kalimantan timur dan jika mengklik pada icon merah maka deskripsi akan muncul




0 komentar :

Posting Komentar